How “Indon” Can You Go?

Bukan bermaksud melunturkan semangat memperingati kemerdekaan Indonesia, tapi sekedar menumpahkan uneg-uneg saja. Kemarin saya melihat karikatur ini di akun twitter @ndorokakung.

Menurut saya, karikatur ini sarat makna. Siapapun pembuatnya, saya salut! Maafkan karena keterbatasan yang saya punya, saya nggak bisa menelusuri siapa pembuat karikatur ini.

Melihat tikus-tikus yang menggerogoti bendera Indonesia yang sedang dijahit, pikiran saya nggak cuma terbayang ganasnya koruptor di dunia nyata tapi juga jadi teringat pengalaman sehari-hari.

Continue reading

Pengalaman Baru di Kota Kinabalu

Gunung Kinabalu dari depan rumah

Walau sejak kecil sudah terbiasa berpindah kota, bahkan negara, namun pengalaman pertama di sebuah kota selalu menarik bagi saya. Khusus untuk Kota Kinabalu, atau yang sering disebut dengan nama KK, ketertarikan saya berlipat-lipat. -btw, huruf K dibaca dengan lafal bahasa Inggris, bukan K dengan bunyi dari bahasa Indonesia, lha nanti malah mirip orang dagang, “Mampir belanja duluu, Kaka!”

Ini menjadi pengalaman pertama saya pergi ke kota di negara Malaysia yang berada di sisi pulau Borneo. Sebelumnya saya hanya pernah ke KL yang ada di semenanjung. Lalu ketertarikan saya yang kedua adalah, karena di kota itu ada istri saya yang alhamdulillah diterima bekerja sebagai dosen. Jadi sebetulnya, mau ke kota atau negara mana aja, kalau di situ ada istri, pasti bakal asoy, yekan? 😉

Continue reading

Mengalir dari Bromo ke Ciremai

Doa yang aku lantunkan di Bromo saat itu, hari ini alhamdulillah terjawab sudah.

Di depan orangtua kita -aku yakin almarhum bapak ikut menyaksikan-, di depan Gunung Ciremai dan insyaallah dirahmati Sang Maha Pemberi, aku mengucapkan kalimat pengikat hati dan raga kita.

Babak baru sebuah cerita akan kita jalani. Bersama. Insyaallah selamanya. Bismillahir-rahmanir-rahim.

 

Kuliner Surabaya

Saya biasanya kurang tertarik dengan broadcast message (BM), termasuk BM soal kuliner. Tapi kali ini, Hermawan, kawan baik saya, yang saya percaya untuk soal rasa makanan, mengirim BM dengan keterangan “Ini udah aku coba semua, makanya berani share”, jadilah saya tertarik ikut membagikan BM itu di sini:
*BAGI BAGI INFO*

Info Wisata kuliner buat yg mau kulineran di Surabaya…. Nih aku Kasih rekomendasi berdasarkan survey yg sdh saya lakukan.  Semoga bermanfaat dan selamat BERWISATA KULINER SURABAYA!

Continue reading

Kepala Daerah Mirip Dengan Pilot

Gara-gara jadi penonton menjelang pilgub DKI, saya jadi mikir. Kepala daerah itu mirip dengan pilot gak sih?

Pilot adalah orang yang mengendalikan pesawat dalam waktu tertentu ke sebuah kota tujuan. Dia yang berkuasa penuh atas seluruh penumpang, tapi dia tetap harus mengikuti aturan penerbangan dan arahan petugas air traffic control. Pilot digaji oleh maskapai, maskapai bisa menggaji pilot salah satunya dari pemasukan uang tiket yang kita beli.

Continue reading

Pocong Dan Kuntilanak Tuh Kasihan, Ya?

Bener gak sih setan asia lebih banyak yang ngenes? Tapi walau ngenes, usaha mereka untuk menakuti manusia sungguh luar biasa. Patut diacungi jempol!

Untuk wilayah Indonesia, suster ngesot termasuk setan yang ngenes. “Hidupnya” aja susah, ke mana-mana kudu ngesot, tapi ya masih niat nakut-nakutin orang. Dan herannya, banyak juga yang takut. Padahal kerjaan dia ya cuma ngesot. Continue reading

Untuk Yuyun Dan Korban Kekerasan Seksual Lainnya

Untuk Yuyun, semoga kamu tenang di alam sana, nak. Semoga para pelaku mendapatkan balasan maksimal di dunia dan akhirat nanti.

Untuk ribuan korban kekerasan seksual, serta seluruh keluarganya, semoga mendapatkan pertolongan dan ketabahan dari Tuhan yang maha adil.

Maafkan saya dan sebagian dari kami yang hanya mampu berdoa dan menuliskan kesedihan kami untuk kalian.

Sedih rasanya ketika lagi-lagi mendengar berita pemerkosaan, terlebih kalau berujung pada kematian. Rasanya mau mengumpat, mengutuk, bahkan kalau bisa mau ikut menghakimi para pelaku secara fisik atas nama sang korban.

Mungkin perasaan ini yang sejak kemarin membuat saya gagal terus menuliskan tentang Yuyun, saya nggak mau terjebak menuliskan kekerasan untuk menjawab peristiwa kekerasan lainnya. Bahkan sebisa mungkin saya mencoba tidak mengumpat ketika mengomentari berita ini di media online yang saya baca.

Saya nggak nyaman kalau sekedar bereaksi negatif atas berita negatif, maunya bisa memberi bantuan meringankan korban dan keluarganya, tapi sayangnya saya belum mampu.

Evil cannot and will not be vanquished by evil. Dark will only swallow dark and deepen. The good and the light are the keenest weapons. – Nora Roberts.

Continue reading

Memilih Pemimpin Sesuai Akidah

Saya suka dengan yang berpegang teguh pada syariat dan akidah. Karena sebagai umat beragama, keimanan adalah patokan segalanya. Mengukur iman tentu harus dilihat sejauh mana umat Islam menjalankan tuntunan Allah dan Rasul. Tuntunan Allah bisa dilihat dari Quran. Tuntunan Rasul, salah satunya, bisa dicontoh dari tindakan beliau.

Setuju ya? Continue reading