Tembus

Gak lah, ini bukan mau bahas pembalut yang mudah tembus. Ini mau bahas usaha gue kesekian kalinya untuk mulai nulis di blog lagi. Rasanya susaaaah banget.

Gue sampe mikir apa sih yang jadi penghalang? Apalagi kalau dibandingkan dengan awal ngeblog, sekitar tahun 2007-2008, rasanya gampang banget untuk numpahin kata-kata. Setelah lama mikir -iya, gue lama kalau mikir. Kayak Pak SBY yang penuh pertimbangan- akhirnya gue coba bandingin isi blog ini dengan blog lama yang untungnya ketemu lagi linknya.

Di blog lama itu berasa banget tulisan gue santai dan mengalir. Yaaa ini sih analisis gue sendiri lah. Kan gak perlu juga sewa lembaga survey buat menganalisa urusan blog kan, ya? Terus gue pikir lagi, apa sih kira-kira yang bikin gue santai waktu nulis di blog lama itu? Lagi-lagi, menurut inilisa gue -iya, sengaja nulisnya inil. Gak enak kalau nulisnya pake huruf a terus- kayaknya sih karena di blog yang sekarang ini gue terlalu terkekang sama aturan.

Contohnya, karena udah mulai ngerti mana ‘di’ yang harus dipisah dan mana yang harus disambung, gue jadi khawatir salah nulis dan terlalu sibuk mikirin cara menempatkan ‘di’ yang benar. Atau contoh lain, gue terlalu khawatir ada yang bakal menilai blog gue gak fokus sama satu topik. Ya misalnya topik fotografi. Dulu ada yang pernah bilang, tulis aja apa yang lo suka, Gil. Misalnya tentang fotografi, terus tulisan lo dirapihin biar ngejaga image lo. Biar keliatan profesional gitu.

Semua ilmu dan saran di atas itu bener sih, tapi kemudian gue jadi ribet sendiri. Gue lupa kalau dulu waktu awal ngeblog itu gue menulis untuk ngelepasin uneg-uneg. Semisal kalau lagi marah, ya gue ngeblog. Kalau lagi jengkel kena macet, ya gue ngeblog. Tapi ketika marah atau jengkel, isi tulisan gue gak selalu numpahin dan ngumbar masalah di blog. Salah satu contoh tulisan ketika lagi jengkel terkena macet, gue nulis ini http://sipelikan.blogspot.com/2008/01/horny.html atau waktu lagi stress banget sama kerjaan dan jengkel sama sutradaranya, gue ngurangin “bebannya” dengan nulis ini http://sipelikan.blogspot.com/2008/05/sutradara-gila.html

Makanya ketika dulu ada yang nyaranin gue untuk menulis apa yang gue suka, harusnya gue tulis aja apa yang lagi gue alamin. Sebab memang itu yang gue suka. Bukan menulis tentang fotografi. Gue memang hobby fotografi, tapi ternyata nggak terlalu suka nulis tentang itu. Gue sukanya moto, dan dobel suka kalau terima duit dari foto itu.

Intinya sih, blog ini tempat di mana gue bisa agak melupakan aturan-aturan. Aturan memang tetap harus ada, apalagi sekarang ada UU ITE, tapi di sini gue bebas menentukan jumlah aturan yang perlu gue ikuti. Mungkin gue memang termasuk orang yang kalau terlalu banyak diatur malah jadi goblok, jadi gak kritis, bahkan jadi mengekang diri sendiri.

Bahkan dulu saat masih ngebangun usaha pun gue agak begajulan, gue bisa ninggalin potential client cuma karena dia gak tepat waktu. Gue nunggu di kantornya sampe setengah jam lebih, tapi dia gak nongol-nongol, ya gue balik ke kantor gue. Lha terus kenapa urusan ngeblog aja gue kudu ngikutin banyak aturan, coba? Begajulan di blog boleh lah, asal gak melanggar UU. Penghalang-penghalang pikiran kayak gini yang lagi gue usahain untuk ditembus.

breakthrough

Sebetulnya gue juga gak perlu terlalu ribet sama urusan blog, tinggalin aja kalau memang udah gak sanggup nulis lagi. Lha tapiii, masalahnya adalah, gue gak bisaaaa 😀 Ya, ya, yaa, sepatutnya gue menumpahkan masalah ke Allah SWT. Tapikaaaan, masa iya cuma jengkel kehabisan celana dalem gara-gara kelupaan nyuci terus kudu ngadu ke Gusti Allah?

Itulah kegunaan blog yang hqq, buat gue. Entah buat yang lain.

2 Comments

  1. Emank betul sih ini. Awal awal ngeblog tahun 2007 dulu kayaknya segala apa bisa dituliskan – walaupun pas sekarang dibaca-baca lagi bawaannya kadang meringis sendiri. Ini bikin komen aja, pake mikir penulisan dibaca itu udah bener kan – udah lah ya.

    Like

Silakan ngobrol di kolom ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s