Pengalaman Baru di Kota Kinabalu

Walau sejak kecil sudah terbiasa berpindah kota, bahkan negara, namun pengalaman pertama di sebuah kota selalu menarik bagi saya. Khusus untuk Kota Kinabalu, atau yang sering disebut dengan nama KK, ketertarikan saya berlipat-lipat. -btw, huruf K dibaca dengan lafal bahasa Inggris, bukan K dengan bunyi dari bahasa Indonesia, lha nanti malah mirip orang dagang, “Mampir belanja duluu, Kaka!”

Ini menjadi pengalaman pertama saya pergi ke kota di negara Malaysia yang berada di sisi pulau Borneo. Sebelumnya saya hanya pernah ke KL yang ada di semenanjung. Lalu ketertarikan saya yang kedua adalah, karena di kota itu ada istri saya yang alhamdulillah diterima bekerja sebagai dosen. Jadi sebetulnya, mau ke kota atau negara mana aja, kalau di situ ada istri, pasti bakal asoy, yekan? 😉

Ketika ke KK pertama kali, saya sengaja memilih penerbangan malam dan duduk di kursi yang berada di sisi jendela, sehingga ketika pesawat hendak mendarat, saya bisa melihat gemerlap lampu dari gedung-gedung di KK. Ini betul-betul pemandangan yang emejing bagi saya. Bisa dibilang love at first sight deh sama KK. Walaupun mungkin sebenarnya jalur pendaratan yang melintas di atas sebuah kota itu berbahaya, tapi selalu ada sisi indahnya. Tinggal kita pilih mau lihat sisi negatif atau positifnya.

Jadi apa bedanya antara KK dan KL? Hmmm, cerita saya ini mungkin akan berat sebelah karena saya sudah kadung cinta pada pandangan pertama.

Penduduk KK, menurut saya, lebih ramah dibanding kebanyakan warga di KL. But please do remember, saya baru hitungan bulan tinggal di KK. Jadi yang saya rasakan ini baru dari pengalaman bergaul yang sangat singkat.

Kondisi lalu lintas di KK juga sangat nyaman, tentu ada kemacetan di beberapa ruas jalan, tapi bagi saya yang hidup di Jakarta bertahun-tahun, kemacetan di KK masih saya anggap ringan.

Lalu untuk urusan makan, ini urusan paling penting nih, alhamdulillah jumlah kedai makan di KK sangat banyak dan semua kedai makan di KK selalu menyediakan kopi tubruk. Hobby ngopi saya tersalurkan di sini. Hanya perlu membiasakan diri dengan penyebutannya saja. Kalau kita mau kopi hitam, di sini sebutannya ‘kopi O (huruf O bukan nol)’. Kalau kita hanya sebut kopi, nanti yang disajikan adalah kopi susu. Sedangkan untuk kopi hitam tanpa gula, namanya ‘kopi O kosong’. Kalau mau kopi dingin, tambahkan kata ‘ping’, eh, entah yang benar menulisnya ping atau pink, pokoknya kalau mau kopi susu dingin, selain bisa disebut ‘kopi sejuk’ bisa juga sebut ‘kopi ping’. Ping ini kalau saya nggak salah mengartikan, digunakan untuk minuman yang pakai es batu. Jadi kalau mau es teh, ya minta aja teh ping. Mungkin ‘ping’ ini hanya dikenal di KK, entah kalau di KL atau kota lainnya.

Persoalan bahasa ini memang jadi perkara unik bagi saya. Justru karena banyaknya kata yang sama tapi berbeda arti antara bahasa Malaysia dan bahasa Indonesia, saya malah canggung mau main tabrak. Saya justru lebih percaya diri ngobrol dengan warga setempat ketika dulu tinggal di Australia, karena saya tahu bedanya bahasa Inggris dan Indonesia. Entah kenapa kalau bedanya nanggung malah nggak pede. Mungkin benar kata orang, kalau apa-apa tuh gak boleh nanggung. Makanya kalau mau nakal, ya nakal sekalian. Jangan nanggung. Eh.

Gunung Kinabalu tampak dari depan rumah

Nanti saya ceritakan tentang pengalaman berinteraksi dengan warga lokal, atau warga tempatan kalau bahasa Malaysianya, banyak yang menarik dari sisi bahasa, budaya dan lainnya. Sekarang mau lanjut ngopi dulu. Kopi ping tentu.

Kamu sudah ngopi?

 

Advertisements

2 thoughts on “Pengalaman Baru di Kota Kinabalu

  1. Saya justru lebih percaya diri ngobrol dengan warga setempat ketika dulu tinggal di Australia, karena saya tahu bedanya bahasa Inggris dan Indonesia —-> sianjisssss bahahahahahha.
    Sama aja kek loe ngomong competitve advantage Garuda indonesia vs SQ dari segi penerbangan domestik 🤣😂🤣🤣🤣🤣

    Like

Silakan ngobrol di kolom ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s