Tips Motret Di Tempat Umum

Pagi-pagi dapet pertanyaan kayak gini dari salah satu blogger, penyunting dan translator idola saya, Teh Rini, ini bagai kena sambar petir gara-gara keingetan udah 2 bulan nggak nulis di blog. Padahal sih pernah 6 bulan gak ngeblog, ahak.

tips memotretMotret di tempat umum itu biasanya ada 2 macam, yang direncanakan dan yang tidak direncanakan. Bedanya cuma tentang persiapan aja. Yang direncanakan itu salah satunya street photography. Penggemar street photography biasanya sudah tau mereka akan berburu foto di mana dan tentang apa, jadi mereka sudah menyiapkan alat foto yang tepat dan juga mental spiritual yang aduhai.

Para pelancong juga termasuk tipe yang sudah merencanakan aksi berfotonya, karena biasanya mereka sudah tau tujuan wisatanya. Tipe yang ini malah biasanya gak cuma nyiapin alat dan mental, bahkan dandanan mulai dari ujung kepala sampai kaki sudah mereka tentukan sejak awal. Soal dandanan ini penting karena pasti bakal selfie, yo ra?

Nah yang seru itu memang memotret di tempat umum tanpa perencanaan. Ini biasanya karena kita menemukan kejadian atau obyek foto yang menurut kita menarik di sekeliling kita.

Untuk ngejawab pertanyaan Teh Rini, saya coba berbagi kiat dari hasil pengalaman sendiri dan beberapa cerita dari teman.

Konsentrasi dan selalu waspada. Ini yang paling penting. Karena kejadian yang menarik itu biasanya terjadi dalam waktu sekian detik, kita jadi suka lupa sama sekeliling kita. Kalau cuma ngalangin orang kayak Teh Rini gitu mah biasa, ada teman saya yang nyaris diserempet angkot gara-gara mau motret langit sore yang saat itu dihiasi warna biru dan oranye. Saking fokus mau ambil komposisi di antara gedung pencakar langit, dia lupa kalau sedang berada di jalanan. Tiba-tiba ada suara ban berdecit dibarengin suara klakson dari angkot. Ngeri, kan?

Ada juga cerita kawan saya yang kebetulan dapat tugas kerja ke luar kota, di kota itu dia nemu kawasan yang potretable, dia gak sadar sedang dibuntuti beberapa orang sejak turun dari taksi karena terlalu asyik moto. Akhirnya kena palak.

Saya sendiri pernah suatu hari sedang dalam perjalanan pulang dari studio ketemu kerumunan orang yang sedang menonton topeng monyet. Langsung deh parkir motor di pinggir jalan, lalu motret sampai kerumunannya bubar. Dan kemudian saya nyetopin taksi. Di tengah jalan baru ingat kalau tadi naik motor. Cerdas ya?

Selain konsentrasi dan waspada, perlu juga kita perhatikan tentang privasi orang. Walaupun di tempat umum, kenyamanan orang lain harus jadi pertimbangan saat memotret. Apalagi kalau hasil fotonya nanti akan dipajang di akun media sosial. Gak semua orang suka fotonya tersebar di dunia maya. Jadi bisa saja ada yang protes saat kita memotret. Ada baiknya kita membaur dan berinteraksi dengan orang yang ada di sekeliling.

Ada teman yang pernah bercerita saat dia belanja di sebuah pasar, dia tertarik memotret seorang remaja yang jadi buruh angkut. Akhirnya dia sengaja minta jasa remaja itu untuk mengangkat barang belanjaannya sekaligus diajak ngobrol ngalor ngidul. Ternyata remaja itu adalah seorang anak jalanan. Akhirnya teman saya bukan hanya dapat foto kegiatan si remaja sedang bekerja di pasar, tapi juga diajak ke rumah singgah untuk memotret kegiatan teman-teman si remaja tadi. Seru, kan?

Mungkin cuma itu kiat yang bisa saya ceritakan, kalau teman-teman punya cerita lain,boleh ditambahkan di kolom komentar artikel ini atau di akun media sosial saya.

Salam motret!

Advertisements

2 thoughts on “Tips Motret Di Tempat Umum

  1. Kalo aku sukanya nggak sengaja bang. Kadang sepedaan terus nemu pemandangan indah atau aktifitas warga yang menurutku unik langsung kupotret. Bahkan sekarang kalau ke kantor pun sengaja bawa kamera, siapa tahu ada yang ingin dipotret selama di jalan 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s