Untuk Yuyun Dan Korban Kekerasan Seksual Lainnya

Untuk Yuyun, semoga kamu tenang di alam sana, nak. Semoga para pelaku mendapatkan balasan maksimal di dunia dan akhirat nanti.

Untuk ribuan korban kekerasan seksual, serta seluruh keluarganya, semoga mendapatkan pertolongan dan ketabahan dari Tuhan yang maha adil.

Maafkan saya dan sebagian dari kami yang hanya mampu berdoa dan menuliskan kesedihan kami untuk kalian.

Sedih rasanya ketika lagi-lagi mendengar berita pemerkosaan, terlebih kalau berujung pada kematian. Rasanya mau mengumpat, mengutuk, bahkan kalau bisa mau ikut menghakimi para pelaku secara fisik atas nama sang korban.

Mungkin perasaan ini yang sejak kemarin membuat saya gagal terus menuliskan tentang Yuyun, saya nggak mau terjebak menuliskan kekerasan untuk menjawab peristiwa kekerasan lainnya. Bahkan sebisa mungkin saya mencoba tidak mengumpat ketika mengomentari berita ini di media online yang saya baca.

Saya nggak nyaman kalau sekedar bereaksi negatif atas berita negatif, maunya bisa memberi bantuan meringankan korban dan keluarganya, tapi sayangnya saya belum mampu.

Evil cannot and will not be vanquished by evil. Dark will only swallow dark and deepen. The good and the light are the keenest weapons. – Nora Roberts.

Ketika membuat tulisan inipun saya tidak tahu apakah tulisan ini ada gunanya bagi para korban kekerasan seksual itu. Semoga saja ada. Setidaknya saya berusaha menunjukan empati dan dukungan saya bagi korban dan keluarganya.

Atau jika ada aparat penegak hukum, aktivis dan orang-orang yang bekerja secara langsung membantu para korban kekerasaan seksual membaca tulisan ini, saya harap mereka tahu bahwa ada banyak yang mendukung kerja mereka. Walaupun hanya melalui doa dan tulisan. Semoga ini ada artinya bagi mereka, walau kecil.

Lagipula, seandainya saya memilih untuk tidak menulis hanya karena merasa tidak ada gunanya, lalu untuk apa saya menulis atau menyebar berita tentang tragedi kemanusiaan di Paris, Brussel, Palestina dan Suriah kalau tragedi yang terjadi nyaris setiap hari di negara sendiri tidak saya sebarkan?

Apalagi ternyata ada keluarga dari kawan saya yang mengalaminya langsung. Walaupun sudah sering membaca dan mendengar tentang perlakuan tidak adil bagi korban, ketika membaca pesan dari kawan ini, rasanya sakit sekali.

13095800_10206057245856872_2311190831886233555_nSeandainya tulisan ini tidak ada gunanya bagi orang lain, saya berharap ini ada gunanya untuk saya sendiri. Walau sekecil nyala api lilin, semoga ini menjadi penerang dan pengingat bahwa di sekeliling saya banyak tragedi yang terjadi. Semoga di masa depan saya mampu bertindak lebih banyak dari sekedar menulis. Aamiin.

 

Evil cannot and will not be vanquished by evil. Dark will only swallow dark and deepen. The good and the light are the keenest weapons. - Nora Roberts.
Evil cannot and will not be vanquished by evil. Dark will only swallow dark and deepen. The good and the light are the keenest weapons. – Nora Roberts.
 Image courtesy of surasakiStock at FreeDigitalPhotos.net
Image courtesy of surasakiStock at FreeDigitalPhotos.net

Silakan ngobrol di kolom ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s