Terserah, Pokoknya Berfungsi

Masih cerita dari perjalanan ke Bromo bulan Januari kemarin, dan masih juga cerita tentang foto. Walau saat itu kondisi Bromo berkabut, pantang rasanya kalau gak berhasil membawa 1 atau 2 foto. Seperti biasa, kalau jalan-jalan saya pasti nenteng kamera serius. Ke Bromo pun saya bawa, tapi akhirnya sama sekali nggak keluar dari tas karena kondisi Bromo yang berkabut. Sebetulnya bukan karena kabutnya, tapi memang mood yang mendadak berubah. Jadi alih-alih mengeluarkan 1D mark II, saya justru lebih tertarik mengeluarkan blackberry dari kantong dan menggunakan kameranya untuk memotret.

Mencari objek foto di Bromo ternyata sangat mudah, gak harus matahari kok. Kalau kita masuk ke lautan pasir Bromo menggunakan mobil hardtop sewaan itu, kita akan dibawa ke sebuah area parkir dan dari situ akan terlihat sebuah pura yang bernamanya Pura Luhur Poten. Kalau beruntung, kita akan bertemu rombongan yang mengenakan pakaian khas untuk beribadah di pura. Ini pasti akan menarik untuk dijadikan objek foto. Saya waktu itu kurang beruntung, sehingga cuma bisa bermain komposisi memotret pura dan lingkungan sekelilingnya.

Luhur Poten Bromo

Luhur Poten Bromo

Tapi lagi-lagi, jangan melihat kendala kalau sudah berniat melakukan apapun. Fotografi juga gitu. Fokus pada apa yang ada, kemudian coba gali lebih dalam kemungkinan-kemungkinan terbaik dari situasi yang ada. Saya, yang baru belajar fotografi, saat di Bromo itu cuma bisa melihat kabut, pura dan lereng. Jadi yang terpikir saat itu ya mencoba membuat foto siluet. Jangan lupa, saya sudah memutuskan untuk menggunakan kamera blackberry yang hanya 5 MP, jadi opsi pun terbatas. Maka jadilah foto seperti di atas itu. Oh iya, foto di atas saya edit di hape Lenovo P700i.

Sebetulnya alasan saya menggunakan kamera hp dan melakukan editing di hp karena beberapa hari sebelum ke Bromo ada kawan yang nyeletuk, “Enak ya kalau punya DSLR untuk pehobi foto dan traveling, bisa punya banyak foto bagus”.

Apa yang enak coba? DSLR saya itu produksi awal tahun 2000, beratnya minta ampun. Lha wong body full besi. Kalau untuk kerja memang enak, tapi untuk dibawa jalan-jalan, ampun deh. Tangan saya pegel. Jadi kesempatan di Bromo kemarin saya coba bermain dengan mobile photography dan sekedar menampik anggapan kawan saya tadi. Ternyata dengan kamera apapun, selama dia berfungsi dengan baik, kita bisa kok punya banyak foto bagus hasil dari jalan-jalan.

Logikanya gini, kalau kita pergi jalan-jalan pasti tujuannya sebagian besar ke lokasi yang berpemandangan menarik. Tinggal gimana kita “menangkap” objeknya, nah, untuk menangkap objek itu kita perlu kamera yang berfungsi normal. Selama tujuannya sekedar mendokumentasikan perjalanan, kamera apapun bisa digunakan. Sama seperti kita jogging, selama sekedar untuk berolahraga, sepatu olahraga apapun bisa dipakai selama nyaman dikenakan. Kecuali kalau kita berniat jadi atlet marathon, ya harus memakai sepatu olahraga yang pas.

Jadi, selama kita sekedar penggemar fotografi, tidak ada kata “harus memakai DSLR”. Yang ada hanya “harus punya kamera, terserah kamera apa, yang penting berfungsi dengan baik”.

Advertisements

3 thoughts on “Terserah, Pokoknya Berfungsi

  1. boooo, gw dah komen ngga masuk ya? :((

    tadi sik gw nulis…. gw juga sekarang make account IG belajar menangkap gambar dari kamera Hp. and it’s quite fun sampe banyak “ketemu” fotografer yang make mobile phonenya untuk motret dapat inspirasi juga dari mereka

    nice essay booo…

    tukangecuprus:
    wohiyaaa, IG emang tempat yang oke buat nyari inspirasi mobile photography

    Like

  2. Kirain bakalan liat foto narsis om ragil yang ngarahin kamera handphone ke cermin di toilet.. 😐

    Like

  3. Sama seperti kita jogging, selama sekedar untuk berolahraga, sepatu olahraga apapun bisa dipakai selama nyaman dikenakan.

    Aku biasane nyeker, Pakdhe.. ben alamiah.. menyentuh alam. *padune rak ndue sepatu* 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s