Sepak Bola: Semangat Akhir Tahun.

Apa pun yang terjadi, membela dan menyemangati tim nasional itu adalah kewajiban. Kebetulan yang sedang ramai dibicarakan adalah tim sepak bola. Jadi, artikel akhir tahun ini saya mau menulis tentang olahraga yang juga diminati oleh banyak penduduk dunia.

Membela timnas gak sama dengan ngebelain pacar, eh gak usah protes. πŸ˜›

Jadi gini, pasti pernah ada yang punya pacar kelakuannya gak betul tapi tetap dipacarin karena yakin si pacar suatu saat bakal berubah kelakuannya. Nah kalau ternyata si pacar gak berubah juga, adalah saatnya kita ambil keputusan untuk bubaran. Iya gak sih?

Lha kalau untuk urusan timnas, biar prestasinya jeblok kayak apa, gak mungkin juga kita mlengos dari mereka. Karena mereka bawa nama negara, kan gak mungkin kita gak ngebelain negara. Biarpun kita sudah hidup di negeri orang, tak nanti kita lupa dengan tanah air. Eh ini bukan masalah nasionalisme atau apa pun. Ini masalah historis. Gak mungkin lah kita lupa dengan tanah di mana kita pernah begajulan, senang-senang, sedih dan bahkan tertimpa petaka sekalipun.

Jadi kalau timnas sedang bagus prestasinya, ya kita puji selayaknya. Kalau sedang jelek, jangan dihujat. Tetap harus kita dukung. Soal kita gak suka dengan manajemen organisasi sepak bolanya, itu lain perkara.

Dalam memberi dukungan pun, gak perlu berlebihan. Apalagi sampai menyerang pendukung dan anggota tim lawan. Santai ajalah. Toh dalam semua pertandingan dan perlombaan, selalu harus ada yang menang dan kalah. Gak perlu malu kalau kalah, mengakui kekalahan itu adalah sebuah kemenangan kok.

Mumpung akhir tahun nih, waktunya buat kita untuk memperbaiki diri. Ya kan susah buat memperbaiki orang lain πŸ˜€ mending kita dulu lah yang berbenah.

Jadi pada tanggal 29 Desember nanti, mari kita bela dan berdoa timmas Indonesia mendapatkan yang terbaik. Tentu kita berharap menang, tapi kalau ternyata kalah, ya jangan makin mempermalukan nama negara dengan berbuat yang aneh-aneh. Setuju? Setuju dong ah.

Ya sudah, pokoknya bravo timnas Indonesia! YOU’LL NEVER WALK ALONE! [Wuoh iya, saya liverpudlian juga :)]

Eh iya, selamat Natal bagi kawan-kawan yang merayakan. Selamat tahun baru bagi kawan-kawan yang berminat merayakan πŸ˜€ Sampai jumpa tahun depan yaaa.

6 thoughts on “Sepak Bola: Semangat Akhir Tahun.

Silakan ngobrol di kolom ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s