7 Tahun Blogfam

Selamat ulang tahun yang ke-7 untuk Blogfam. Komunitas blogger yang anggotanya dari seluruh penjuru Indonesia, dan bahkan, penjuru dunia! Sebagian dari kami malah lebih suka menyebut komunitas ini sebagai keluarga. Keluarga besar yang terpisah oleh jarak, tapi bersatu dalam hati.

Saya sendiri kenal nama Blogfam sekitar tahun 2007. Jadi gini ceritanya, sila gelar tikar bagi yang mau baca :D, dulu saya suka menulis di halaman friendster. Kemudian saya mendengar tentang Pesta Blogger, dari situ saya penasaran, apasih blogger? Dan apa pula itu blog? Sedikit demi sedikit saya tahu tentang blog, tapi itu belum membuat saya tertarik untuk membuat blog. Saya masih tetep doyan menulis di FS.

Kemudian dari hasil pencarian di halamannya Mbah Google, saya semakin ngerti kalau blogger itu ada komunitasnya. Akhirnya saya nemu deh tuh nama Blogfam. Yang membuat saya tertarik dengan nama ini, jelas bukan karena kecantikan parasnya, lha ya jelas, inikan bukan nama model-model casting yang suka sliweran di kantor saya ๐Ÿ˜† Saya tertarik dengan nama Blogfam karena komunitas ini tidak berdasar pada kedaerahan. Bukannya saya anti kedaerahan, cuma waktu itu pertimbangan saya adalah, saya yang pemalu dan pendiam ini jelas gak mungkin kalau bergabung dengan komunitas yang mengusung nama daerah dan harus rajin kopdar. Duh, saya rasanya membeku kalau disuruh ketemu orang..hehehe. Eh, ini serius. Kata kawan-kawan saya, mulut saya jinak, tapi jarinya yang setajam silet ๐Ÿ˜†

Nah saya pikir, kalau join di Blogfam kan bakal jarang kopdar tuh. Ya gimana mau kopi darat kalau orangnya ada di Belanda, Canada, Ende, Bandung, Tasik dan banyak kota lainnya. Begitu pikir saya waktu itu. Cuma masalahnya saat itu cuma satu, member blogfam itu kudu punya blog. Ok lah, kata saya dalam hati, bikin blog bisa dipelajari. Lebih gampang itu, jauh lebih gampang dibanding suruh kopdar!

Jadilah blog pertama saya di blogspot, kelar bikin blog, saya daftar di blogfam. Dan tanggal 27 November tahun 2007, resmilah saya terdaftar di forum blogfam. Jujur aja saya memang sempat menggila di forum itu, iya lah, cuma nulis-nulis doang. Kecil lah itu. Sampai akhirnya saya diajak kopdar sama Diaz dan Dahlia. Duaaaaaang! Panik! Kopdar? Oh noooo… *membeku*

Tapi ya sudahlah, saya kuatkan tekat karena toh saya pikir, saya sudah dapat banyak manfaat di forum blogfam itu. Akhirnya kami kopdar di STC Senayan karena kebetulan hari itu ada event, entah lupa event apa, dan kami lanjutkan ngobrol di gerai burger cepat saji di STC itu. Dari pengalaman kopdar itu, mulailah saya terseret ke kopdar-kopdar blogfam berikutnya. Jujur aja, saya jadi berani kopdar sama mereka karena, mereka heboh sendiri sementara saya bisa tetap diam :mrgreen:

Sayangnya gak berapa lama, saya mulai jarang berkunjung ke forum blogfam. Dan konon blogfam pun sempat menyurut aktivitasnya. Bukan karena saya lho, sumpah deh. Kayaknya memang blogfam-nya yang sedang tertidur. Maklumlah, gak gampang untuk terus berjalan membawa komunitas sebesar itu. Layaknya keluarga, pasti ada rukunnya, dan tentu ada berantemnya. Itu kan namanya dinamis, iya tho?

Maknyak, sebagai salah satu founder blogfam bercerita sedikit di blognya tentang naik-turunnya kehidupan di blogfam. Ada juga Mba Vi3 yang postingannya senada. Tapi ya itu tadi, turunnya aktivitas blogfam bukan berarti kematian. Saya termasuk yang punya keyakinan bahwa hal baik gak akan pernah mati. Kalaupun mati, bakal melalui perjuangan panjang dulu. Gak segampang itu deh pokoknya. Lha memangnya ada hal baik apa di blogfam? Duh, bisa panjang lebar saya nulisnya. Mending baca aja blog Mba Rini Nurul yang saya anggap salah satu penghuni lama blogfam, dan juga Mas Gajah Pesing dan Mas Maulana yang mewakili member baru.

Kalau saya sendiri sih, cuma bisa bersyukur bisa mengenal banyak teman dan mendapat banyak ilmu di blogfam. Di sana memang orang gak pelit ilmu. Yang jago foto, sharing ilmu. Yang jago nulis, sharing ilmu. Yang banyak pacar, sharing…..eh gak ada ding ๐Ÿ˜ณ

Eh iya, soal berbagi ilmu. Di blogfam itu ada Kang Iwok yang sedang ngajar di kelas penulisan. Dan ini gratis! Kemarin saya baru ikutan sebuah acara, di acara itu banyak orang yang membagikan brosur pelatihan penulisan. Harganya macam-macam, mulai dari 300 ribu sampai 2 juta rupiah! Beuh..semoga pahala Kang Iwok bertambah. Buat yang gak kenal Iwok Abqary, gugling deh ๐Ÿ˜€

Karena itu, saya yang sudah banyak mendapatkan bermacam-macam ilmu dari keluarga besar blogfam, berusaha membalas dengan mengusulkan kepada teman-teman lain untuk menulis di blog, notes FB, Multiply dan lain-lain tentang Blogfam. Judulnya harus sama, 7 Tahun Blogfam. Usul ini sederhana, sudah banyak yang memakai cara ini untuk menghormati sesuatu. Tapi daripada saya tidak usul sama sekali, kan mending dicoba aja. Alhamdulillah banyak kawan yang merespon. Ya semoga cara ini bisa jadi salah satu bentuk penghargaan kami buat semua kawan-kawan yang sudah meramaikan forum, membagi ilmu, berbagi cerita yang menghibur saat kawan lain susah, saling bertukar pengalaman di bidang apapun dan tentunya, semoga dari cara ini akan membuat kami semakin berkembang dan dewasa. Amin.

Selamat ulang tahun Blogfam. Terus berbagi kawan, karena hanya dengan berbagi, kita akan saling memiliki.

Blogfam, When Sharing Meets Caring.

Advertisements

18 thoughts on “7 Tahun Blogfam

  1. pertama ketemu ragil diii … pasfest rame2 sama kgb.

    kesannya, kalo baca tulisan atau chat seru, emang jarinya lebih tajem … hiiii … tapi kalo ketemu, diem

    eh, makasih lho kemaren evaluasi di rumah duriannya.

    Like

  2. wah aku sampek 2x daftar di Blogfam,
    tp nampaknya aku emang cenderung untuk menjadi blogger non-afiliasi alias blogger kuper, hehehe… gak terlalu suka bersosialisasi.

    pernah gabung juga di TPC (komunitas blogger surabaya). itu pun hanya numpang lewat.

    semoga BlogFam panjang umurnya yaaa! :mrgreen:

    Like

Silakan ngobrol di kolom ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s