Gak bisa sekolah.

Barusan nonton program reportase di Trans. Ada berita tentang beberapa anak yang gak bisa daftar SD karena enggak punya akta kelahiran. Pihak sekolah ngotot kalau itu adalah syarat administratif yang harus dipenuhi calon siswa.

Gue juga gak paham kenapa di tahun 2000-an ini, di Jakarta, masih ada anak yang gak punya akte. Tapi apapun alasannya, minumnya tetap teh…. kalau demi pendidikan tingkat dasar mbok ya dicari jalan tengahnya. Enggak usah terlalu kaku nerapin aturan ini-itu deh.

Setau gue, sekolah di SD itu gak butuh bukti lahir. Yang kita perluin cuma semangat dan kesempatan belajar. Itu aja.

Advertisements

11 thoughts on “Gak bisa sekolah.

  1. Mau skolah mesti bayar, giliran punya uangnya mesti punya akte, ntar giliran aktenya ada mesti ada izin lurah *pa hubungane? Wis pokoke’ negara mbulet lah. Gimana caranya yg gampang dibikin susah ?!@#

    itu lah.. *sedih*

    Like

  2. haaahhh tumben kali ini pemikiran elo berada di jalan yang lurus….perasaan lailatul qodar masih 2 bulanan lagi deh….kok lo udah dapet sih???

    ya doakan saja supaya amal gue ditrima

    Like

  3. jaman saya masuk sd dulu cukup berbekal surat kelairan dari pak carik, sudah cukup sakti lho….

    sekarang harus berbekal doa dan kesabaran *pasang muka serius*

    Like

  4. ya kalau bisa dibikin susah kenapa harus dibikin gampang 😀 … eh, ga ding … daripada tar diteror!

    sebenernya fungsinya akte kelahiran itu apa untuk pendaftaran anak SD?

    mungkin buat bukti kalau anak itu betul2 dilahirkan..halah

    Like

  5. ya gak ngerti juga sih, kebijakan sekarang ini….

    kok kayke gak ada sedikit toleransi..

    gimana tuh tanggapan para pemimpin daerah…???

    pemimpin daerah? apa mereka sering main ke SD daerah pinggiran?

    Like

  6. bikin akte kelahiran sekarang mayan mahal pak. trus sekolah sekarang jg makin ribet. masa umur 6th gak boleh masuk SD kelas 1 peraturannya harus 7 th. weleh ntar lulusnya jadi tua donk *dzigh*

    makanya, mending merajut ya Lin? *dzigh juga*

    Like

  7. mungkin lahir di rumah dan minim pengetahuan tentang administrasi.

    mungkin tak punya uang utk cari akte kelahiran. Urusannya berlibet pula.

    Kalo di Perancis: dari hamil, melahirkan, anak tumbuh besar, dewasa, tua sampai mati dimonitor. Apalagi hamil dan melahirkan : semuanya gratis, malah diberi banyak penyuluhan dari kesehatan, keuangan sampai urusan administrasi. Semuanya gratis. akte kelahiranpun gratis utk semua saja. KTP gratis; pasport utk anak di bawah 15th juga gratis.

    kalau soal gratis, mungkin berat buat Indonesia. Soale penduduknya ratusan juta. Cuma kalau soal birokrasi, harusnya kita bisa lebih baik. Semoga suatu hari pemerintah kita bisa service oriented. Bukan mata duitan oriented.. 😦

    Like

  8. Hua…. Ya allah bukakanlah jalan terbaik bagi anak anak yang tidak bisa sekolah hanya karena akte kelahiran 😥

    Kenapa pemerintahan sekarang memberatkan sekali ya? >:o

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s